Rabu, 26 Oktober 2016

Tipe Sistem Informasi

Sistem
Sistem merupakah set elemen yang saling terkait, saling terhubung dan bergantung. Yang berarti elemen-elemen tersebut berjalan atau beroperasi dengan tujuan yang sama
Operation Support System
TPS
MIS
ERP

TPS
Transaction Processing Systems (TPS) Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.
Contoh :
1)      kuitansi penjualan
2)      order pembelian
3)      formulir pajak
MIS
suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber, termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih.
Contoh :
1)      Budget forecasting and analysis
2)      Financial reporting
3)      Inventory reporting
ERP
Enterprise Resource Planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan
Contoh :
1. SAP
2. Bean
3. Oracle

Management Support System
DSS
EIS
ES

DSS
Decision Support Systems (DSS) atau system pendukung keputusan adalah serangkaian kelas tertentu dari system informasi terkomputerisasi yang mendukung kegiatan pengambilan keputusan bisnis dan organisasi. Suatu DSS yang dirancang dengan benar adalah suatu system berbasis perangkat lunak interaktif yang dimaksudkan untuk membantu para pengambil keputusan mengkompilasi informasi yang berguna dari data mentah, dokumen, pengetahuan pribadi, dan/atau model bisnis untuk mengidentifikasikan dan memecahkan berbagai masalah dan mengambil keputusan.
Contoh :
1. Maskapai Penerbangan 
EIS
Executive Information System (EIS) adalah satu jenis dari manajemen informasi sistem dimaksud untuk memudahkan dan mendukung dalam pembuatan keputusan kebutuhan dari eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya baik secara internal dan eksternal mengenai keterangan relevan untuk menemukan gol strategis dari organisasi. Hal Ini biasanya dipertimbangkan sebagai satu bentuk khusus dari satu sistem pendukung keputusan (DSS).
Contoh :
1. Relationship Management (CRM)
2. Supply Chain Management (SCM) 
ES
Expert system juga biasa disebut sistem pakar. Expert system adalah program komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah seperti human expert. Jadi expert system ini berperan layaknya seorang pakar dalam suatu sistem yang “nyata”.
contoh :
1)     MYCIN Dirancang oleh Edward Feigenbaum (Universitas Stanford)  th ’70 an untuk diagnose  penyakit
2)     DENDRAL Mengidentifikasi struktur molecular campuran yang tidak dikenal

Office Automation System
Word Processing System
Document Management System
Message Communication System
Tele Conferencing System

Word Processing System
Perangkat lunak pengolah kata (Bahasa Inggrisword processor) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak
Contoh :
1. Microsoft Word
2. OpenOffice.Org
Document Management System
Document Management System (DMS) bermanfaat dalam mengefektifkan dan mengefisienkan proses bisnis seperti pengelolaan Lemari Arsip Konvensional. Manfaat yang utama adalah pengguna dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat membantu proses menjadi lebih cepat, baik dan murah.
Contoh :
Alfresco merupakan aplikasi Document Management System. Alfresco berlisensi open source, dan telah masuk ke dalam Gartner Magic Quadrant untuk kategori Enterprise Content Management, dan telah diimplementasikan di lebih dari 5000 organisasi.
Softbless ,Indonesia, menyediakan service implementasi, instalasi, kustomisasi, support dan training untuk Alfresco Document Management System
Message Communication System
proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet
Contoh :
1. Pesan SMS
BBM
LINE
Tele Conferencing System
Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
Contoh :
 Teleseminar adalah seminar yang dilakukan secara teleconference yang melibatkan beberapa lokasi secara bersamaan, dimana masing-masing lokasi dihubungkan dengan media videoconferencing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar