Rabu, 26 Oktober 2016

1. Apakah menurut anda penggunaan Internet oleh anak2 dan remaja menimbulkan masalah etika? Jelaskan masalah apa yang mungkin muncul dan keuntungan (kelebihan) dari penggunaan internet oleh remaja dan anak!

2. Apakah menurut anda orang tua harus membatasi penggunaan Internet oleh anak dan remaja? Jelaskan alasannya!

3.Apa pendapat anda mengenai penjualan data? Jelaskan pendapat anda dari aspek etika, sosial, dan politik!

Jawab :

1.   1. Tergantung pada individu masing – masing,
Masalah yang muncul :
1.       Penyalahgunaan akses internet
2.       Tingkat pendawassan yang lebih cepat dari yang seharusnya
3.       Pengawasan Orangtua kepada anak akan semakin sulit
4.       Konsumsi konten yang tidak sesuai umur anak anak atau remaja
Keuntungan yang muncul :
1.       Dapat menambah intelegensi
2.       Penambahan wawasan yang sangat luas
3.       Anak - anak dan remaja dapat mengeksplorasi dan menggunakan internet dalam dunia pendidikan
4.       Menstimulus anak dan remaja untuk haus akan ilmu yang lebih tinggi

2.     2. Ya, namun kembali lagi pada anaknya tersebut apakah dapat di percaya atau tidak, jika orangtua ragu memberikan akses internet pada anak mereka, tidak ada salahnya orangtua membatasi hak akses pada anak mereka, sekarangpun banyak provider yang sudah membatasi secara langsung konten yang tidak pantas untuk dilihat jadi orangtua tidak perlu susah susah untuk membatasi akses internet mereka.

3.      3.  Penjualan data dari

1.       Aspek Etika :
ð  Penjualan data termasuk dalam cyber crime,namun penjualan data itu  dapat legal pada saat owner atau pemilik data tersebut melakukan penjualan data ke perusahaan karna hak ciptanya memang dapat di perjual belikan ke publik

2.       Aspek Sosial :
ð  Penjualan data dalam aspek ini mungkin bisa di kategorikan penyebarluasan data atau plagiarism, dalam hal sosial misalkan seorang programmer membuat software dan software tersebut secara ilegal di perbanyak atau di jual oleh pihak lain tanpa sepengetahuan si programmer, maka dari itu dapat membuat derajat sosial atau tingkat kepercayaan konsumen untuk membeli progrram tersebut menjadi semakin kecil bahkan menghilang.

3.       Aspek Politik :
ð  Penjualan  data dalam aspek ini misalkan dalam perusahaan ada pemegangan saham perusahaan, nah ada beberapa kubu di perusahaan tersebut yang menginginkan untuk menjadi pemegang saham terbesar, maka dari itu pihak yang menginginkan itu akan melakukan segala cara agar dapat menduduki posisi itu sekalipun harus menyewa hacker untuk mendapatkan data atau jual beli data.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar